Definisi dan Konsep Sales Promotion atau Promosi Penjualan

Definisi dan Konsep Sales Promotion atau Promosi Penjualan

46
0
BERBAGI
Sales Promotion

Promosi penjualan atau sering dikenal dengan sales promotion adalah suatu bentuk promosi dengan cara persuasif melalui pemanfaatan insentif yang diatur sedemikian rupa guna merangsang transaksi dengan sesegera mungkin untuk meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh pelanggan, Umumnya sales promotion cenderung lebih efektif dalam menciptakan respon konsumen untuk segera melakukan transaksi dalam penawaran produk serta meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.

Tujuan Promosi Penjualan

Promosi penjualan memiliki tujuan yang sangat menarik dalam merangsang penjualan dengan segera, diantaranya:

  1. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
  2. Mengkomunikasikan produk baru
  3. Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
  4. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
  5. Melakuukan pengajakan konsumen untuk segera datang ke toko fisik.
  6. Memotivasi dan merangsang konsumen agar sesegara untuk membeli suatu produk.

Pada setiap tujuan dalam melakukan promosi tentu ada program atau langkah yang harus ditempuh untuk memberikan manfaat secara langsung. sebagai contoh anda ingin mencari informasi, anda dapat melakukan giveaway, penawaran katalog ataupun pameran. dan lain sebagainya.

Merancang Program Promosi Penjualan

Menurut Tjipto dalam merancang suatu program promosi penjualan perlu memperhatikan dua aspek utama diantaranya:

Faktor yang mempengaruhi karakteristik respon pasar dalam jangka pendek

Pertama, respon setiap konsumen terhadap suatu karakter produk akan berbeda-beda, dalam beberapa kategori produk terdapat loyalitas terhadap ukuran produk, sehingga akan berbeda pula keefektifan suatu iklan dengan ukuran produk yang berbeda. Apabila suatu promosi ditekankan pada produk dengan ukuran 1 kg dengan respon yang tinggi, tapi akan berbeda atau tidak akan seefektif dalam menarik pelanggan pada produk dengan ukuran berbeda. Didalam masyarakat ukuran produk akan sangat berkaitan dengan daya beli dan kebiasaan konsumen dalam mengkonsumsi produk sebagai contoh shampo, minyak goreng dan lainnya.

Kedua, Apabila dalam strategi penjualan anda menerapkan level konsumen, ada level konsumen reguler ada premium. Perbedaannya berada pada harga dan layanan yang didapat dari setiap level tersebut. Maka salah satu dampak promosi penjualan terhadap hal itu adalah situasi dimana pembeli premium akan mendapatkan layanan yang jauh lebih baik seperti adanya penurunan harga. Namun yang perlu diperhatikan yakni apabila harga sudah mencapai level yang normal atau harga kembali normal maka penjualan akan secara otomatis menurun. Anda sebagai seorang marketing perlu memperhatikan masalah tersebut lebih mendalam.

Faktor Merek yang berkaitan dengan positioning perusahaan jangka panjang

Pertama, Terdapat suatu kecenderungan bahwa dampak merek yang berkualitas tinggi terhadap brand switching dari merek berkualitas rendah. Artinya, perpindahan konsumen dari merek murah ke mahal akan lebih banyak dbandingkan dengan kondisi sebaliknya.

Kedua, Setiap marketing perlu memperhatikan dan mencermati dampak dari suatu promodi dengan penggunaan promosi harga. Ilustrasinya begini, jadi kalau anda melakukan promosi dengan penggunaan penurunan harga maka memang secara penjualan akan lebih cepat dan lebih banyak pada masa periode penurunan harga tersebut. Namun, yang menjadi permasalahan pada saat diluar masa periode tersebut maka akan berdampak pada penurunan penjualan.

Dibeberapa kondisi promosi harga yang terlalu besar atau melampaui kata wajar akan berdampak pada rusaknya dan mengurangi ekuitas merek. Semakin sering anda memberikan diskon maka konsumen akan cenderung sensitive terhadap harga.

Teknik Promosi Penjualan

Sebagai marketer, anda harus membuat formulir penerapan promosi penjualan yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Usahakan membuat dengan format tabel, sebagai contoh: Tujuan anda mendorong konsumen agar bersedia mencoba produk baru, maka promosi yang perlu dilakukan harus memberikan produk sampel.  ada beberapa teknik sales promotion yang menarik untuk diterapkan, diantaranya:

Sales Promotion : Point of Purchase

Point of Purchase sering dikenal dengan pajangan dan peragaan ditempat berlangsungnya proses pembelian. Tujuannya yakni ingin mendorong agar si calon konsumen mencoba produk yang ditawarkan. Teknik promosi seperti ini sering kita jumpai di departement store seperti matahari dan lainnya.

Sales Promotion Point Of Purchase

Cara promosi ini juga sering di kombinasikan dengan cara promosi lainnya seperti dengan kupon atau potongan harga dengan waktu yang berjangka. Yang perlu diperhatikan yakni kondisi produk yang dipajang. Departement store dalam melakukan pemajangan yakni menggunakan produk terbaru, dimana produk yang sudah lama diletakkan di gudang (biasanya produk lama akan diletakkan di tempat pemajangan dengan harga yang lebih murah).

Bagi anda yang sering ke departemen store akan sering menjumpai produk yang seharusnya ada ditempat pemajangan A, pada minggu selanjutnya akan berpindah ke tempat pemajangan B. Hal itu adalah teknik mereka dalam melakukan penjualan agar tidak mengalami kerugian akibat penurunan pembelian dari produk lama yang disebabkan adanya produk baru. Jadi sistemnya di rolling.

Kupon

Kupon adalah sesuai teknik promosi penjualan guna meningkatkan transaksi oleh konsumen pada produk-produk tertentu disuatu tempat pusat perbelanjaan. Dengan adanya kupon pelanggan memiliki hak untuk mendapatkan produk dengan layanan yang berbeda dengan konsumen yang tidak memiliki kupon.

Potongan Harga

Mungkin anda sering menjumpai potongan harga pada waktu tertentu yang bertepatan dengan hari besar. Seperti Spesial hari kemerdekaan, spesial idul fitri dll. Potongaan yang diberikan biasanya 10% hingga 25% bahkan ada beberapa potongan yang mencapai angka 75%. Itu kaitannya dengan psikologi harga, akan saya bahas pada artikel lainnya. Namun pada waktu diluat hari besar tersebut akan dinaikkan harganya. Padahal harga  setelah didiskon merupakan harga normal hehe. Pembahasan ini akan cukup menarik pada artikel Psikologi harga hehe.

Premium and Ads Specialities

Cara promosi seperti ini biasanya disematkan pada produk dengan packaging yang tertutup. Barang yang ditawarkan dengan biaya yang lebih rendah atau gratus insentif untuk membeli produk tertentu. Biasanya premi atau insentif yang dimaksud harus menyertakan paket produk didalam atau pada kemasan. Artinya kemasan produk tersebut akan dijadikan syarat untuk menebus insentif atau premi dalam pembelian selanjutnya.

Contest and Sweeptakes

Hadiah adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai ataupun barang karena membeli sesuatu. Biasanya dalam supermarket pada saat kita melakukan transaksi pada jumlah tertentu akan mendapatkan undian atau kesempatan untuk memenangkan hadiah utama yang akan diundi pada periode waktu tertentu.

Sampling and Trial Offers

Cara seperti jarang sekali dilakukan diera sekarang, yang mana melakukan penawaran dengan memberikan sampel produk gratis kepada konsumen. Namun, cara ini dapat diterapkan dan disesuaikan dengan kebiasaan serta karakteristik produk yang dijual di masa sekarang. Sebagai contoh pada layanan hosting, perusahaan hosting akan memberikan layanan hosting gratis kepada konsumen pertama. (hal itu masuk pada cara ini)

Brand Placement

Brand placement dapat berupa promosi yang dilakukan melalui media digital seperti televisi, facebook ads ataupun media cetak seperti majalan dan lainnya. Namun pada era sekarang mareketer biasanya menggunakan agency content placement yang mana dengan menggandeng influencer baik blogger, youtuber, dan selebgram.

Rebates (Tawaran Pengembalian Tunai)

Istilah cashback sering kita dijumpai pada cara promosi era sekarang, yang mana memberikan pengurangan harga dengan gimik pengembalian uang. Pengembalian dana bertujuan untuk meningkatkan jumlah atau frekuensi penjualan.

Frequency

Program ini biasanya mengarah pada program yang berkelanjutan. Tujuan utama yakni agar tercapai transaksi yang berulang atau pengulangan pembelian atau langganan dari merek.

Event Sponsorship

Apabila suatu brand mensponsori suatu acara besar, maka membuat image merek semakin tinggi dimata konsumen sehingga membuat kredibilitas merek meningkat bersamaan dengan para penonton diacara tersebut.

LEAVE A REPLY