Pengertian dan Konsep Direct Marketing atau Penjualan Langsung

Pengertian dan Konsep Direct Marketing atau Penjualan Langsung

55
0
BERBAGI
Direct Marketing
Direct Marketing

Deskripsi dan Pengertian Direct Marketing

Penjualan langsung sudah berjalan sejak abad 21, yang sering dikenal sebagai direct marketing oleh para kalangan marketer jaman now. Pertumbuhannya sangat cepat dikarenakan pertumbuhan teknologi yang semakin berkembang.

Penerapan direct marketing saat ini sudah merambah ke berbagai bidang, seperti real estate, asuransi, jasa kesehatan, jasa reparasi dan lainnya.

Tak dapat dipungkiri bila perkembangannya terus mengikuti perkembangan zaman. Secara pengertian direct marketing dapat diartikan sebagai hubungan dengan konsumen secara langsung yang ditargetkan sesuai segmentasinya bertujuan untuk meraih respon konsumen sesegera mungkin serta untuk mencapai hubungan pelanggan yang jangka panjang.

Penerapan strategi yang digunakan sangat variatif, dimana dalam pemasarannya biasanya menggunakan saluran lansung ke konsumen atau biasa disebut consumer direct. Saluran yang dimaksud bisa meliputi katalog, surat langsung, televisi, ataupun situs internet.

 

Bagan Direct Marketing
Bagan Direct Marketing

Penjualan lansung diera sekarang dapat dilakukan dengan berbagai cara mengikuti kebiasaan atau perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk. Biasanya diera sekarang dapat menggunakan email, pengiklanan social media, sms dan lainnya.

Penggunaan dari masing-masing alat tersebut harus memperhatikan kebiasaan konsumen, produk yang akan dijual. Karena setiap alat memiliki keefektifan yang berbeda pula pada setiap produk yang dijual.

Manfaat Direct Marketing (Penjualan Langsung)

Manfaat penjualan langsung dapat dirasakan oleh penjual dan pembeli secara langsung. Dalam penjualan yang konvensional berbelanja secara langsung dirumah akan sangat menyenangkan, memudahkan serta menghemat waktu.

Namun, diera sekarang penjualan secara langsung memiliki manfaat yang lebih bagi pelanggan seperti dapat memberikan tawaran yang bersifat eksklusif, harga yang murah, pilihan lebih luas, tawaran secara khusus, mendapatkan kenyamanan, kepercayaan dan lainnya.

Promosi penjualan langsung berarti penjual dapat menawarkan secara khusus program promo yang dilakukan secara berkelanjutan. Dalam hal ini penjualan langsung seperti email marketing. Dimana penjualan akan menawarkan alternatif biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan harga produk secara normal.

Hingga saat ini pemasaran langsung telah berkembang pesat, dimana semakin berorientasi pada website, email dan lainnya. Manfaat penjualan langsung dapat dirasakan oleh pihak yang bertransaksi, dalam hal ini adalah penjual dan pembeli, seperti berikut:

Manfaat bagi penjual

Bagi penjual, pemasaran langsung merupakan alat yang dapat membangun hubungan antara pelanggan dengan penjual. Adanya sistem interaksi secara langsung maka penjual dapat berinteraksi dan memahami kebiasaan serta karakter pembeli dalam membeli sebuah produk. Interaksi tersebut dapat membangun hubungan yang kuat dan berkesinambungan dengan pelanggan.

Penjual dapat dengan mudah memberikan penawaran yang berkelanjutan menggunakan teknik ini. Selain itu, penjual dapat membangun sistem penjualan yang lebih luas untuk menciptakan jaringan penjualan seperti reseller dan lainnya.

Manfaat bagi pembeli

Bagi pembeli, penjualan atau pemasaran langsung akan sangat menyenangkan, dan lebih mudah memahami suatu produk. Penjual dalam melakukan penjualan langsung biasanya memaparkan detail informasi mengenai produk tersebut baik melalui website, ataupun landing page sehingga membuat pembeli akan dengan mudah dalam memahami suatu produk dengan lengkap.

Menjadi bahan pertimbangan pembeli atas penawaran yang ditawarkan oleh penjual dengan harga spesial.

Sifat Pemasaran Langsung

Non Publik

Pemasaran langsung biasanya tidak dilakukan secara publik karena penjual akan menargetkan sesuai dengan karakter serta kebiasaan pembeli terkait produk yang akan ditawarkan.

Disesuaikan

Pemasaran langsung biasanya akan disesuaikan dengan pembeli, sebagai contoh pemasaran langsung melalui email marketing. Dalam mendapatkan email pembeli, tentunya penjual akan menggunakan pendaftaran newsleater ataupun lead magnet. Didalam lead magnet tersebut tentu ada copywriting yang berkaitan dengan apa yang akan didapatkan pembeli apabila mendaftarkan email mereka.

Sebagai contoh copywriting didalam lead magnet tersebut adalah: “Ayo daftar email anda untuk mendapatkan ebook link building premium!” Penjualan tentunya akan mengkategorikan setiap lead magnet, dalam hal ini adalah mengenai link building. Pada saat penjual akan melakukan pemasaran langsung produk ebook link bulding expert, maka penjual tinggal mengirimkan ke email lead magnet dengan kategori link building hehe..

Interaktif dan Terukur

Pesan dapat diubah tergantung pada tanggapan orang tersebut. Penjualan atau pemasaran langsung merupakan sistem pemasaran yang bersifat sangat interaktif dan terukur.

Keuntungan Direct Marketing

Selective Reach

Pemasaran langsung dakan memberikan kesempatan bagi penjual atau pengiklan untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang sangat besar dan mengurangi jumlah coverage yang tidak terjangkau. Bahkan dapat melakukan seleksi yang cukup spesifik.

Segmentation Capabilities

Biasanya penjual akan membeli sebuah database pembeli yang sering melakukan transaksi pembeli yang sesuai dengan produk yang akan dijualnya. Hal itu dapat memudahkan penjual dalam mendapatkan penjualan. Database yang dimaksud dapat berupa daftar pembeli sehingga dapat melakukan segmentasi berdasarkan area geografis, jenis kelamin, ataupun pekerjaan.

Frequency

Pemasaran langsung dapat dilakukan secara berulang tergantung pada kebutuhan si penjual. Penjual dapat dengan mudah melakukan perulangan iklan sehingga dapat memungkinkan pembeli akan segera melakukan transaksi pembelian.

Timing dan Personalization

Penjual dapat dengan mudah melakukan pemasaran dengan sangat cepat secara sekaligus serta dapat dengan mudah melakukan penawaran yang multiple. Artinya dapat melakukan penawaran pada 2 atau lebih produk secara sekaligus.

Cost dan Effectiveness

Pemasaran langsung dapat mengurangi coverage yang terbuang sia-sia pada angka CPM yang tinggi. Sehingga akan mengurangi biaya pemasaran.

Keefektifan suatu promosi yang menggunakan pemasaran secara langsung dapat langsung diketahui karena respon atau feedback dapat diterima secara langsung dan akurat melalui balasan konsumen.

Kerugian Direct Marketing

Image factors

Pemasaran langsung sering dianggap sebagai spam ataupun junk mail oleh konsumen. Meskipun pesan tersebut dikirimkan oleh perusahaan besar, banyak konsumen yang membuang pesan tersebut ke folder sampah atau spam. Terkadang mereka tidak menganggap spam namun mengabaikan pesan yang dikirimkan. Oleh karena itu, kerugian ini harus segera diatasi oleh penjual guna memberikan conversi penjualan.

Accuracy dan Content Support

Pemasaran langsung dapat menargetkan konsumen potensial secara spesifik berdasarkan geografis, jenis kelamin ataupun yang lainnya. Tetapi keefektifan cara ini harus benar benar pada konsumen yang akurat.

Dari segi pengiriman pesan, penjual memiliki keterbatasan dalam membuat pesan yang menarik karena editorial content yang terbatas sehingga penjual perlu membeli templates premium guna memberikan tampilan menarik pada pesan yang akan dikirimkan ke konsumen.

Pemasaran langsung biasanya digunakan guna membangun sebuah jaringan penjualan. Pemasaran langsung dapat dijadikan sebagai notif kepada pembeli apabila ada produk baru dari perusahaan atau toko kita. Selain itu, tak jarang penjual memanfaatkan direct marketing sebagai sarana untuk menciptakan retention atau pembelian kembali oleh konsumen yang sudah pernah membeli ke toko atau perusahaan kita.

Dapat disimpulkan bahwa, pemasaran langsung akan efektif apabila dilakukan pada konsumen yang spesifik dan akurat sesuai dengan karakter produk yang akan dijual sehingga akan terjadi interaksi bahkan penjualan. Penjual harus pandai dalam mendesain konten pesan dan copywriting.

LEAVE A REPLY