Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Yang Mudah Dijalankan

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Yang Mudah Dijalankan

49
0
BERBAGI
Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Yang Mudah Dijalankan

Menghasilkan uang dari bisnis online di era sekarang terbilang cukup mudah karena internet sudah merambah pada semua kalangan. Seharusnya kamu tidak punya alasan untuk tidak bisa menghasilkan uang dari internet. Banyak sumber untuk menghasilkan uang melalui internet mulai dari blog, youtube ataupun social media. Sebagai pegiat media sosial, kali ini saya akan memberikan pengetahuan kepada anda tentang cara menghasilkan uang dari instagram. Syukur-syukur bisa anda lakukan dari rumah.

1. Sponsorships (Paid Promote dan Endorse)

Mungkin anda sering melihat seorang selebgram yang sering mengupload foto dengan suatu produk. Itu salah satu contoh paid promote atau endorse. Seorang adsvertiser (pengiklan) biasanya memilih selebgram untuk diendorse tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang dilihat seperti konsistensi konten, interaksi komentar, jumlah likes, jumlah followers, kualitas foto dan lainnya.

Untuk mendapatkan endorsment dari pengiklan, anda perlu mempersiapkan konten utama yang akan dijadikan topik utama foto anda. Coba konsisten dalam membuat konten hingga anda menemukan followers yang setia. Apabila anda sudah memiliki followers setia yang selalu menunggu-nunggu konten anda. Maka dapat disimpulkan anda sudah mengikat pasar, hal itu dapat mengikat para pengiklan.

Baca Juga: Materi Bisnis Online

2. Affilate Marketing

Banyak orang yang masih belum memahami mengenai affiliate marketing. Sebenarnya apabila kita kaitkan dengan bisnis konvensional (zaman dulu) dikenal dengan makelar atau perantara. Namun, saat ini dikemas dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih. Teknologi yang dimaksud yakni pemrograman menggunakan link afiliasi yang dapat di track secara otomatis.

Sistem pembayaran affilate marketing biasanya sistem komisi, apabila anda menarik seorang calon pembeli hingga melakukan transaksi pada situs referal maka anda akan mendapatkan komisi. Besaran komisi tergantung pada perjanjian. Banyak marketplace saat ini yang menerapkan sistem affiliate seperti lazada, zalora dan lainnya. Terus apa kaitannya dengan instagram?

Instagram digunakan sebagai media untuk promosi, sebagai contoh apabila anda seorang reviewer atau comparer dan telah memiliki banyak followers setia yang menunggu video instagram anda tentang review sebuah produk. Maka kamu dapat menyisipkan link afiliasi pada caption foto/video, sehingga peluang link tersebut diklik akan semakin tinggi. Komisi yang didapatkan dari affiliate marketing biasanya sekitar 25%-75% dari nilai transaksi.

3. Jualan dengan Dropshipping

Berbeda dengan 2 cara mendapatkan uang diatas, apabila ingin berjualan di instagram alangkah baiknya bila menggunakan second account khusus berjualan. Gunakan 2 akun instagram, akun pribadi digunakan sebagai media promosi yang sesekali diarahkan ke foto produk pada akun kedua (jualan). Dropshipping sendiri merupakan sistem atau pola bisnis yang melakukan penjualan produk milik supplier tanpa menyetok produk tersebut.

Jadi, karena anda tidak menyetok barang maka harus mencari foto yang sesuai dengan produk yang akan anda jual. Biasanya supplier telah memiliki foto sebagai bahan promosi. Coba anda melakukan koordinasi dan negoisasi mengenai hal itu. Bila diizinkan, coba berikan sedikit sentuhan, baik keterangan produk difoto ataupun lainnya agar foto semakin menarik.

Karena media anda melalui instagram, yang notabennya tidak memiliki rekening bersama (pembayaran sebagai pihak ketiga), maka perlu membuat halaman testimoni agar pembeli akan semakin percaya.

4. Jasa Titip Barang

Seorang selebgram yang punya hobi travelling keluar negeri biasanya memanfaatkan semua aset digitalnya sebagai sumber penghasilan. Apabila anda memiliki hobi yang sama, tak ada salahnya bila anda coba membuat jasa titip barang atau sering dikenal sebagai JASTIP. Jasa titip barang biasanya dilakukan secara dadakan tanpa direncanakan sebelumnya, namun seiring perkembangan zaman, jastip mulai dimanfaatkan secara baik oleh beberapa selebgram terutama selebgram yang sering jalan jalan keluar negeri.

Ingat, pembeli hanya akan menitipkan kepada selebgram yang memiliki reputasi baik. Oleh karena itu, bangun dulu personal branding anda apabila ingin menerapkan jasa titip barang. Untuk komisi tidak terikat dengan pihak lainnya. Asalkan kesepakatan terjadi antara anda dengan sipembeli. Jangan lupa kalkulasi dengan pengiriman, bea cukai dan lainnya.

5. Jadi Admin

Sebenarnya instagram dapat dimanfaatkan secara maksimal bila kita kreatif menemukan peluang didalamnya. Tidak jarang banyak anak muda kaya hanya dimulai dari instagram loh. Seperti kisah di salah satu channel seorang admin instagram yang punya banyak koleksi barang branded mulai dari jam tangan, hoodie, kaos dan lainnya. Dia mulai bergabung menjadi admin disalah satu akun instagram yang menjual barang branded seperti Bape, Nike Adidas dan lainnya. Gaji dia cukup tinggi karena transaksi penjualan yang masuk ke akun instagram tersebut juga tinggi.

Lain halnya dengan akun instagram untuk jualan. Coba anda mulai dari membuat konten-konten menarik dari instagram, dan coba konsisten membangun branding. Apabila sudah dikenal banyak orang, maka instagram anda juga akan kebanjiran orderan endorse loh. Anak muda sekarang biasanya membuat akun instagram wisata dengan merepost foto dari orang yang ngetag. Kurang gampang apa coba? Yuks ikuti jejak mereka.

6. Pemburu Kuis Instagram

Terakhir adalah memanfaatkan instagram sebagai sarana untuk berburu kuis. Langkah awal coba kamu search akun instagram penyelenggaran atau akun instagram event lomba. Ikuti beberapa lomba yang menurutmu sesuai. Jenis lomba yang sering diadakan melalui instagram seperti lomba foto, lomba caption, lomba video berdurasi 1 menit.

Jangan lupa konsep foto, caption ataupun video yang kamu upload ya. Biasanya penyelenggara akan memilih pemenang berdasarkan faktor alur cerita, hingga jumlah likes dan komen. Sekian dulu sharing kali ini semoga bermanfaat ya, salam #BeraniBisnis.

 

LEAVE A REPLY